oleh

Tiga Desa Di Pedongga, Salurkan BLT Tahap Ke Dua

PASANGKAYU, Penarakyatku.com — Pemerintah Desa, Martasari, Malei dan Pedanda, Kecamatan Pedongga, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap ke dua, Selasa, 2 Juni.

Penyalurannya ini di masing-masing kantor desa dan disaksikan oleh Amos Camat Pedongga, Budi Aswin, Sekdis PMD, PLT KasubagBin Kajari Pasangkayu, Syaharuddin, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta pendamping desa.

Sekdis PMD Pasangkayu, Budi Aswin mengatakan, Bantuan Langsung Tunai atau BLT yang merupakan bersumber dari Dana Desa, itu diperuntukkan bagi masyarakat miskin di desa, di tengah wabah virus Corona (COVID-19).

Masing-masing keluarga akan mendapatkan Rp 600.000 selama tiga bulan kedepan, yaitu April, Mei dan Juni hingga total menjadi Rp 1,8 juta.

” BLT Dana Desa harus berupa Uang Tunai dan bukan berbentuk sembako. Jumlah yang diserahkan kepada masyarakat yang berhak juga sama dengan yang tahap pertama,” tegas Budi Aswin.

Lanjut Budi, BLT ini harus diberikan kepada warga miskin yang belum mendapatkan program bantuan pemerintah seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Kartu Pra Kerja serta Bantuan Sosial Tunai (BST) yang baru saja disalurkan kementerian sosial, melalui kantor POS Indonesia.

Sementara PDTI Kecamatan Pedongga, Nursuciati mengatakan, jumlah masyarakat Se-Kecematan Pedongga dari empat yang terdaftar sebagai penerima BLT sebanyak 482 kk.

” Hari ini di waktu yang berbeda ada tiga desa yang menyalurkan BLT tahap kedua. Sementara desa Pedanda dan desa Martasari ada tambahan masyarakat yang belum menerima BLT tahap pertama sebelumnya serta tidak tercover sebagai penerima BST Kemensos,” terang Nursuciati.

Desa Martasari bertambah 28 kk, sebelumnya hanya 108 kk, sehingga total keseluruhan untuk desa Martasari karena ada tambahan, menjadi 136 kk. Sedangkan desa Pedanda bertambah 42 kk. Sebelumnya hanya 98 kk, jadi total penerima BLT-DD itu 140 kk. Sementara untuk desa Malei, tidak ada tambahan dari total 106 kk.

” Penyaluran tadi ini untuk data Tambahan hnya dilakukan untuk periode 1 bulan saja dulu yakni periode April dikarenakan adanya Aturan bahwa Penerimaan dana BLT DD tidak boleh di Rapel. Olehnya¬†untuk BLT DD periode Mei (tahap kedua) bagi data tambahan tersebut akan dlakukan di Pekan II bulan Juni ini,” tandasnya. (as/pr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed