oleh

Lima Desa Di Bambalamotu Tuntaskan Penyaluran BLT Tahap Pertama

PASANGKAYU, Penarakyatku.com — Menjelang hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah, pemerintah desa Randomayang, dan Kalola kecamatan Bambalamotu, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT), kepada masyarakatnya, Kamis, 21 Mei.

Bantuan dari Dana Desa (DD) yang merupakan dana transfer dari pemerintah pusat tahun 2020 ke desa tersebut dengan besaran yang diterima per Kepala Keluarga (KK) Rp 600.0000, diperuntukkan kepada masyarakat yang terdampak Covid -19 serta belum mendapatkan bantuan baik itu PKH, BPNT maupun BST dan bantuan dari Pemerintah Provinsi juga kabupaten.

Camat Bambalamotu, Darwin mengatakan Pemberian BLT DD ini merupakan agenda Nasional yang tujuannya untuk membantu masyarakat akibat wabah Covid-19, karena tugas pemerintah adalah untuk melindungi masyarakatnya.

” Saya berharap masyarakat komitmen terhadap anjuran Pemerintah untuk sama-sama memutus rantai covid-19. Mengingat bantuan BLT ini diterima tiga tahap harus dibelanjakan untuk kebutuhan pangan. Kepada semua warga kecamatan Bambalamotu lebih baik dirumah saja dulu dan jangan ada yang mudik,” terang Darwin.

Darwin juga meminta kepada pihak TNI/Polri untuk lebih tegas lagi melaksanakan pemantauan. Dan kepada warga yang menerima BLT agar menggunakannya sesuai kebutuhan saja. Mudah-mudahan bantuan ini dimamfaatkan sebaik-baiknya untuk kebutuhan dirumah selama pandemi covid-19.

Pendamping Desa (PD) Kecamatan Bambalamotu, Rahmadi mengatakan, hari ini pemerintah desa Randomayang dan Pemerintah desa Kalola, telah menyalurkan BLT tahap pertama. Di Kalola, masyarakat yang menerima BLT sebanyak 350 KK.

Jumlah tersebut tersebar dari 11 dusun, yakni Dusun Bendungan 15 KK, Dusun Tosonde 22 KK, Dusun Kapangi 11 KK, Dusun Purnama Baru 29 KK, Dusun Kampung Baru 33 KK, Dusun Duria Sulapa 48 KK, Dusun Kampung Padang 15 KK, Dusun Gunung Harapan 33 KK, Dusun Kalola 41 KK, Dusun Banu-Banua 57 KK, Dusun Tawelauro 46 KK.

Sementara di desa Randomayang, masyarakat yang menerima BLT sebanyak 216 KK dan tersebar di delapan dusun, yakni Dusun Randomayang I, 42 KK, Dusun Randomayang II, 26 KK, Dusun Batio 37 KK, Dusun Kampung Baru 31 KK, Dusun Likumpubura 17 KK, Dusun Salunggaluku I, 17 KK, Dusun Salunggaluku II, 26 KK dan Dusun Matua Jaya 24 KK.

Rahmadi menghimbau, pemerintah telah menyalurkan bantuan, maka dibutuhkan harmonisasi yakni masyarakat harus mengikuti anjuran dan himbauan pemerintah terkait protokol kesehatan. Dia juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk langsung menyampaikan bila ada keluhan kepada Pemerintah Desa.

Jikalau ada yang kurang pas dan tidak puas, diminta datang langsung ke kantor desa untuk mempertanyakan. Jangan mengumbar di media sosial.

” Bagi masyarakat yang memiliki penyakit kronis itu didatangi langsung oleh Pemerintah Desa dan dikawal aparat keamanan untuk memastikan bantuan tersebut diberikan kepada yang berhak, karena tidak bisa jalan kekantor,” tuturnya.

Lanjut Rahmadi, pada tanggal 20 Mei, desa Pangiang kecamatan Bambalamotu, juga telah selesai menyalurkan BLT. Disana masyarakat yang menerima BLT 162 KK dari 9 dusun.

Dusun Babana 22 KK, Dusun Kampung Tengah 30 KK, Dusun Sampododa 19 KK, Dusun Parede 21 KK, Dusun Boya 24 KK, Dusun Salule 13 KK, Dusun Ujian Baru 26 KK, Dusun Batu Kasoro 5 KK, Dusun Salumoni 2 KK.

Pemerintah Desa Wulai juga sudah menyalurkan BLT kepada 196 Kepala Keluarga, dari 9 dusun, yakni Dusun Batu Bete 39 KK, Dusun Ujung Baru 21 KK, Dusun Bendungan 13 KK, Dusun Pinoraa 20 KK, Dusun Suluwu 10 KK, Dusun Wulai 19 KK, Dusun Sinjanga 31 KK, Dusun Suluwuko 28 KK, Dusun Tanjung 15 KK.

Pada tanggal 18 Mei, pemerintah desa Polewali juga telah menyalurkan BLT ke 162 kk yakni ke dusun Kayumaloa 19 kk, dusun Kampung Baru 9 kk, dusun Pakela 7 kk, dusun Duriabiro 5 kk, dusun Lelumpang 17 kk, dusun Sarimaju 17 kk, dusun Mulyosari 20 kk, dusun Hikma 12 kk, dusun Kalibamba 28 kk, dusun Poenje 15 kk dan dusun Bukit Panjang 13 kk. (as/pr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed