oleh

Korban PHK PT Pasangkayu, Ajukan Tripartit

PASANGKAYU, Penarakyatku.com — Kasus Pemutusan Hak Kerja (PHK) secara sepihak oleh pimpinan PT Pasangkayu kepada sejumlah karyawannya berlanjut ke sidang Tripartit.

Menurut keterangan kuasa hukum dari karyawan yang di PHK, Firmansyah, telah melayangkan surat ke PT Pasangkayu guna membicarakan secara kekeluargaan persoalan PHK tersebut (Bipartit), namun tak direspon baik.

” Kami menyurat itu tanggal 18 November, agar ada pembicaraan secara kekeluargaan tapi tak ada kejelasan. Berdasar ketentuan Hukum terkait penyelesaian hubungan Industrial, jika dalam waktu 30 hari upaya musyawarah tidak pernah dilakukan maka musyawarah (Bipartit) di anggap gagal,” tegas Firmansyah.

Karena gagalnya Bipartit, Firmansyah melayangkan surat ke Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (DisnakerTrans) agar membuka Forum mediasi (Tripartit) dengan harapan perkara PHK tersebut selesai.

” Saya kira, Pihak Perusahaan sama sekali tidak punya itikad baik dalam penyelesaian persoalan dan ini menjadi preseden buruk ke depan.
Hal lain adalah secara tiba-tiba klien kami mendapat Surat Risalah (Bipartit) tertanggal 1 November 2019 dari perusahaan, padahal kami tidak pernah melakukan Bipartit kepada pihak Perusahaan dan di tambah lagi Kami kan baru melakukan persuratan kepada Pihak perusahaan untuk bipartit pada tanggal 18 November 2019 dan kami punya Bukti tanda terima,” sebutnya.

Baginya isi surat risalah tersebut jelas sangat merugikan dan cenderung menyudutkan kliennya. sebab isinya seoalah-seolah sepakat dengan semua keinginan perusahaan padahal hingga saat ini mereka masih tetap berjuang.

” Olehnya itu tentu kami mempertimbangkan secara serius akan mengambil langkah hukum terkait surat atau risalah bipartit yang isinya jelas-jelas mengandung informasi manipulatif atau palsu apakah kami akan mengadukan ke pihak Kepenegak Hukum prihal kejahatan pemalsuan atau tidak. Dan terkait pengajuan mediasi oleh DisnakerTrans, kami menunggu jadwal,” pungkasnya. (as/pr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed