oleh

Balapan Gerobak Sapi Menarik Perhatian Wisatawan

PASANGKAYU, Penarakyaku.com — Dua tahun berturut – turut Pemkab Pasangkayu melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menyelenggarakan festival Kayumaloa, di pantai Koa Koa, desa Polewali, Kecamatan Bambalamotu.

Animo masyarakat terhadap festival tersebut sangat tinggi, karena adanya lomba balapan Gerobak Sapi dan Katinting Race.

Hal yang paling menarik bagi masyarakat khususnya wisatawan dari luar kabupaten Pasangkayu adalah lomba balapan Gerobak Sapi. Sehingga dua hari berturut-turut, yakni dari tanggal 26-27 Oktober 2019 festival tersebut berlangsung, kedatangan wisatawan membanjiri pantai Koa – Koa.

Kearifian lokal seperti ini harus terus dijaga serta dikembangkan dan sesering mungkin dilakukan lomba gerobak sapi karena memancing wisatawan baik hanya sekedar melancong.

” Kunjungan wisatawan dipantai koa-koa kemarin menjadi bagian promosi juga. Karena wisatawan yang datang itu pasti akan menyampaikan ke teman – temannya kalau ada wisata yang bagus untuk dikunjungi,” ungkap wakil ketua BPD desa Polewali, Agus Riadi, Senin, 28 Oktober.

Di Festival ini ada tiga item kegiatan yang diperlombakan untuk melestarikan kearifan lokal yang masih dijaga oleh masyarakat setempat.

Kepala Disbudpar Pasangkayu Dasteri mengatakan, Festival Kayumaloa tahun ini diikuti 26 peserta lomba balap gerobak sapi, 20 perserta Katinting Race dan 6 peserta lomba hias gerobak.

Khusus untuk balap gerobak sapi, peserta yang datang dari kota Palu dan Donggala Sulteng serta masyarakat di desa Polewali sendiri.

” Total hadiah yang di perebutkan ini cuman Rp 32 juta dan akan diberikan kepada peserta lomba gerobak dan katinting. Sementara gerobak hias itu akan diberikan doprize dari pihak sponsor. Dan kegiatan ini kami laksanakan, hanya untuk menarik perhatian masyarakat baik lokal ataupun dari luar kabupaten Pasangkayu untuk berkunjung kesini, dengan harapan pantai Koa Koa ini kedepan bisa menjadi tujuan wisata andalan kita,” tandasnya. (pr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed